Jenis dan Kegunaan kayu pada Body Gitar

kayu itu....yang menentukan hasil suara yang di hasilkan....mereka punya output low, mid, dan high yang beda2....Selain itu bisa juga kayu di pilih karena beratnya (mau ringan ato mau berat), warna dan seratnya (seratnya indah berliku-liku dan sebagainya), atau juga karena daya tahannya ato kekuatannya ( biasanya jadi pilihan kalo untuk buat neck)

Berikut ini, gue cantumin karakter suara yang dihasilkan oleh kayu yah (gue kutip dari katalog ESP):
Kalo gue tulis 5 6 7/medium/soft-med, berarti hi 5 mid 6 low 7, berat nya sedang, dan kekerasannya rada lembek!!
1. Alder: 6 7 6/medium/soft-med: Nicely balanced dry tone, rich mid.
2. Mahogany: 5 7 8/med-heavy/soft-med: Warm and rich mid & low, clean and smooth high.
3. White Ash: 8 5 7/heavy/hard: puncy low and edged high. very aggresive sound.
4. Swamp Ash: 8 4 6/Ex.light/Soft: Extremely light weight, very dry sound.
5. Hard maple: 7 6 5/heavy/Ex.hard: Attacky tone with quick response, nice balance with mahogany back.
6. Soft Maple: 7 6 5/Medium/Medium: Beautiful quilted grain, nice balance with mahogany back.
7. Padauk: 8 5 5/Heavy/hard: bright and dry sound with tight bottom.
8. Bubinga:6 7 9/ Ex.heavy/Ex.hard: Very chunky, heavy bottom. heaviest wood.
9. Walnut: 7 8 6/ heavy/hard: Plenty of mids, warm viscid tone.
10. Koa: 6 8 7/ Med-Heavy/Med-hard: Rich and warm mid range.
11. Rosewood: 5 8 6/heavy/hard: Creamy and warm sound with rich body.
12. Ebony: 7 7 6/heavy/Ex.hard: Mostly used for fingerboard, attacky sound.
13. Basswood:6 6 5/light/light: Wide range balanced tone, close to alder but less body.

Nah untuk neck pasti dipilih kayu2 yang Sangat keras(Ex.hard) tapi gak terlalu berat, Hard Maple udah jadi standard buat neck(maple yang bisa dipake untuk neck adalah Maple biasa dan bird eyes maple, kalo quilted dan flame maple termasuk soft maple dan gampang bengkok). nah untuk memberi karakter yang berbeda, bisa aja maple di selipkan kayu lain, seperti walnut, rosewood, dan lainnya. gunanya selain memberi tambahan karakter, juga membuat neck lebih kuat, karena waktu ditempel antar kayunya seratnya di perhatikan banget, kalo satu seratnya narik ke kanan, satunya dicari yang narik ke kiri. biasanya disebut 5 pieces laminated neck (kalo 5 tempelan kayak maple/walnut/maple/walnut/maple). bisa juga 3 kayu maple kayak ibanez jaman sekarang (maple/maple/maple). Warwick biasanya pake kayu wenge untuk necknya yang gue gak cantumkan diatas karena gak ada di sumbernya .tapi karakternya adalah low mid yang kuat...
Kalo soal neck yang thru-neck ato bolt on, thru-neck gak lebih kuat dari apda yang bolt on. cuman bedanya adalah dari sustain yang dihasilkan. Thru-neck sustainnya panjang dan lebih smooth, bolt on sustainnya lebih pendek tapi soundnya lebih attacky.

Untuk fingerboard, yang umum adalah Rosewood, Maple,dan Ebony. untuk fender dan tobias juga suka pake Pau Farrow(Pau ferro/Mia Farrow) yang warnanya rada2 ungu gitu. karakternya mirip dengan rosewood. sedangkan maple biasanya di pakai untuk mencari sound2 bright. Ebony juga bright, tapi lebih sering dipakai untuk fretless karena keras dan gak gampang rusak di hajar senar.

Untuk body, yang umum adalah alder, mahogany, ash, dan basswood. tapi semua kayu diatas kecuali ebony(lebih cocok untuk fingerboard dan harganya terlalu mahal) bisa di pakai untuk body. Tapi untuk kayu2 berat macamnya bubinga, biasanya jarang untuk full body, biasanya di buat jadi top aja sekitar 5mm-8mm, jadi di laminated dengan kayu lain untuk belakangnya(biasanya yang rada ringan biar pundak lu gak miring sebelah :p ).

Nah, untuk cari sound yang cocok, biasanya orang2 pilih2 kayu menurut sound yang di hasilkan. Kalo mau cari bass buat slap, yah cari yang kayunya macamnya maple, ash, padauk, ebony. Contohnya: Marcus miller signature, bodynya ash(swamp ash kayaknya), fingerboard maple, dan neck maple. secarah keselurusan soundnya pasti bright dan dry.Tapi kalo di maenin pake ekualisasi bisa aja jadi warm. Contoh lagi, signaturenya Fieldy Korn. body mahogany dengan top padauk(soundnya nya jadi low karena mahogany dan high nya juga keluar karena padauk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates